Macam Macam Proxy Serta Pengertiannya

Hallo kawan nama gua N04mi (Erik) kali ini gua akan menjelaskan apa itu proxy dan macam macamnyaa... sebelumnya apa kalian tahu apa itu Proxy?

Proxy adalah sistem yang membuat pengguna bisa mengakses jaringan internet atau mencari informasi di internet menggunakan alamat IP atau IP Address yang berbeda dengan yang diterima perangkat. Server Proxy bertindak sebagai pintu gerbang antara Anda dan internet.

Berikut adalah Macam Macam proxy:


1. Proxy Transparan (Transparent Proxy)
Proxy transparan merupakan salah satu jenis proxy yang sebaiknya tidak perlu digunakan. Karena jenis ini adalah proxy yang sama sekali tidak merahasiakan alamat IP penggunanya, sehingga alamat IP pengguna akan terlihat jelas oleh publik di dunia maya. Bahkan penggunaan proxy transparan juga disebut-sebut bisa membuat alamat IP pengguna diblokir (banned) secara permanen dan ini juga membuat pengguna tidak bisa mengakses situs-situs tertentu.

Namun jika proxy ini sudah dikonfigurasikan secara khusus untuk penggunaannya, maka pengguna tidak akan mendapati alamat IP diblokir seperti yang sudah disebutkan di atas. Proxy transparan sendiri biasanya banyak diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan untuk mengakses informasi lokal. Misalnya seperti informasi seputar perusahaan yang hanya bisa diakses oleh karyawan di sekitaran lokasi perusahaan saja.


2. Proxy Anonim (Anonymous Proxy)
Proxy anonim merupakan jenis proxy yang tidak membuat alamat IP asli penggunanya terdeteksi, namun hanya akan terlihat alamat IP samaran yang tidak mencurigakan di dunia maya. Adapun ketika pengguna mengakses internet, alamat IP adalah barang wajib yang harus ada agar pengguna tersebut dapat terhubung ke internet. Tanpa alamat IP kemungkinan sangat mustahil bagi pengguna bisa terhubung ke internet.

Untuk hal itulah proxy anonim ini digunakan; misalkan ketika pengguna mengakses sebuah website, otomatis website tersebut akan mengetahui alamat IP yang digunakan oleh pengguna. Namun jika menggunakan proxy anonim, website tersebut tidak akan mengetahui alamat IP asli milik pengguna tapi yang terdeteksi hanyalah alamat IP proxy server saja. Intinya proxy ini bisa digunakan untuk menyamarkan alamat IP asli dan bahkan penggunaan proxy anonim juga dipercayai meningkatkan keamanan data milik pengguna.

3. High Anonymity Proxy
Proxy yang satu ini tidak mendefinisikan dirinya sebagai sebuah proxy server, sehingga tidak menyediakan alamat IP. Dan ketika pengguna mengakses sebuah situs, maka alamat IP pengguna tidak akan terbaca oleh situs bersangkutan maupun internet, namun justru terbaca sebagai sebuah klien. Secara tidak langsung hal ini mengartikan bahwa high anonymity proxy sangat merahasiakan alamat IP penggunanya.

4. Distorting Proxy
Distorting proxy fungsinya hampir mirip dengan anonim proxy, yakni sama-sama tidak membuat alamat IP asli penggunanya terlihat. Namun perbedaanya terletak pada—jika anonim proxy mengubah alamat IP asli penggunanya menjadi alamat IP proxy server, maka distorting proxy ini justru mampu merekayasa alamat IP asli milik pengguna. Sedangkan IP aslinya sendiri hanya dapat dilihat pada HTTP HEADER.


5. Reverse Proxy
Reverse proxy pada dasarnya digunakan untuk menyediakan jalan atas berbagai permintaan pengguna dari internet melalui sebuah firewall yang terisolasi atau melalui jaringan pribadi. Adapun untuk fungsinya sendiri, reverse proxy biasa digunakan untuk mencegah pengguna terhubung ke internet dengan akses yang tak termonitor. Selain itu, jenis proxy ini kerap diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan yang membatasi penggunanya untuk membuka situs-situs tertentu, dan biasanya digunakan pada jaringan lokal seperti intranet.



Proxy merupakan bagian penting dari keamanan berselancar di ranah dunia maya agar IP address tidak diketahui oleh banyak orang.  Jika kalian ingin membuka situs-situs yang terblokir biasanya orang orang menggunakan proxy untuk mengubah IP address

Oke sekian penjelasan dari saya jika ada kesalahan mohon di maklumi:),,,semoga bertemu di artikel berikutnya Dan Semoga bermanfaat^^